Taubat

0
655

Setiap manusia pasti didalam hidupnya pernah melakukan salah maupun dosa. Baik itu dosa besar maupun dosa kecil, yang disengaja maupun tidak, dan sebaik- baik manusia adalah yang menyadari kesalahan dan kekhilafanya dan segera bertaubat.

Yang pertama harus dilakukan adalah taubat atau memohon ampunan kepada ALLAH SWT. Taubat itu bukan sekedar mengucapkan kata-kata “ Astagfirullah”, itu hanya lafaznya , tidak cuma itu tetapi harus disertai dengan perubahan sikap.

Taubat sendri berarti menyadari segala kesalahan yang telah diperbuat, menyesalinya dan berjanji kepada diri sendiri dan kepada ALLAH SWT untuk tidak mengulanginya lagi

Taubat sendiri terbagi kedalam tiga tingkatan, yaitu :

  1. Taubatnya orang awam yaitu taubat dari segala salah, dosa dan kekhilafan
  2. Taubatnya ulama, yaitu taubat dari lupa dan kealpaan
  3. Taubatnya ahli Tassawuf yaitu taubat dari merasa dirinya ada

Taubat harus dengan niat yang ikhlas , menyesali dosa yang telah diperbuat, segera berhenti dari segala perbuatan dosa dan berjanji tidak akan mengulanginya. Setelah Taubat, kita berharap agar segala dosa dan kesalahan kita diampuni oleh ALLAH SWT, itu akan menimbulkan sikap kehati-hatian dalam diri kita, agar setiap perbuatan kita supaya tidak melakukan dosa lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here