Pondok Pesantren Suryalaya Adakan “Nerbang” Untuk Menyambut Rabiul Awal

0
394

Tasikmalaya – Pada hari Kamis tanggal 8 November di Pondok Pesantren Suryalaya mengadakan acara nerbang untuk menyambut hari pertama di bulan Rabiul Awal. Istilah mapag bulan (Menyambut bulan).

Acara dimulai setelah shalat isya sekitar pukul 20.00 WIB di serambi Masjid Nurul Asror. Anda pernah mendengar seni terbang? seni terbang digunakan sebagai media dakwah Islam, melalui pujian-pujian yang dilantunkan sepanjang pertunjukan berlangsung. Seni terbang sangat khas di Pontren Suryalaya, sebagai salah satu tradisi yang dilakukan setiap bulan Rabiul Awal.

Acara yang selesai pada pukul 23.00 itu diawali dengan pembacaan barzanji. Dalam pelaksanaan kemarin ada 5 babak nerbang dan 2 babak untuk istirahat. Tabuh nerbang yang indah dapat didenger oleh seluruh ikhwan dan akhwat yang ada di sekitar komplek pesantren.

Acara ditutup dengan doa. Setelah itu sekitar 20 penabuh mengendurkan tegangan alat, membereskannya kemudian beramah tamah sambil menikmati sajian yang telah disediakan agar memperoleh keberkahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here